Rabu, 20 Februari 2013

Pengertian Linux, Sejarah Linux, Kelebihan dan Kekurangan dan Macam-macam Distro Linux


  1. PENGERTIAN LINUX

Adalah software sistem operasi open source yang gratis untuk disebarluaskan di bawah lisensi GNU. Linux merupakan turunan dari unix dan dapat bekerja pada berbagai macam perangkat keras koputer mulai dari inter x86 sampai dengan RISC.

Dengan lisensi GNU (Gnu Not Unix) Anda dapat memperoleh program, lengkap dengan kode sumbernya (source code). Tidak hanya itu, Anda diberikan hak untuk mengkopi sebanyak Anda mau, atau bahkan mengubah kode sumbernya.Dan itu semua legal dibawah lisensi. Meskipun gratis, lisensi GNU memperbolehkan pihak yang ingin menarik biaya untuk penggandaan maupun pengiriman program.


  1. SEJARAH LINUX
Linux pada awalnya dibuat oleh seorang mahasiswa Finlandia yang bernama Linus Torvalds. Dulunya Linux merupakan proyek hobi yang diinspirasikan dari Minix, yaitu sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andrew Tanenbaum. 
Linux versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan Agustus 1991. Kemudian pada tanggal 5 Oktober 1991, Linus mengumumkan versi resmi Linux, yaitu versi 0.02 yang hanya dapat menjalankan shell bash (GNU Bourne Again Shell) dan gcc (GNU C Compiler).

Saat ini Linux adalah sistem UNIX yang sangat lengkap, bisa digunakan untuk jaringan, pengembangan software dan bahkan untuk pekerjaan sehari-hari. Linux sekarang merupakan alternatif sistem operasi yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan sistem operasi komersial (misalnya Windows 9.x/NT/2000/ME).
Linux mempunyai perkembangan yang sangat cepat. Hal ini dapat dimungkinkan karena Linux dikembangkan oleh beragam kelompok orang. Keragaman ini termasuk tingkat pengetahuan, pengalaman serta geografis. Agar kelompok ini dapat berkomunikasi dengan cepat dan efisien, internet menjadi pilihan yang sangat tepat.




  1. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN LINUX
  1. Kelebihan

  • Bersifat open source, bebas dan terbuka. sehingga tidak perlu biaya untuk mendapatkannya. LISENSI FREE  dan boleh di utak atik semaunya.
  • Linux sekarang sudah mudah di operasikan. kalo dulu pengguna linux identik dengan para hacker, tapi sekarang orang awam pun sudah banyak yang menggunakannya.
  • Hampir semua aplikasi yang biasa dijalankan di windows, sudah ada aplikasi linuxnya yang dikembangkan oleh komunitas linux atau bisa juga menggunakan software emulator.
  • Memiliki pengamanan yang lebih unggul karena di desain multiuser sehingga apabila virus menyerang user tertentu, akan sangat sulit menyebar ke user lainnya.
  • Cocok untuk PC yang memiliki spesifikasi minimum karena linux membutuhkan resource yang lebih kecil dibandingkan Windows.
  • Linux dapat berjalan di dua mode.
  • Jarang crash atau nge-hang yang mengharuskan kita untuk merestart komputer karena linux lebih stabil.
  • Memiliki komunitas di berbagai penjuru dunia.
  • Terdapat beragam pilihan seperti Ubuntu, Fedora, Debian, Centos, RedHat, Opensuse, Mandriva, dan sebagainya.

  1. Kekurangan

  • Banyak user yang belum terbiasa menggunakan linux.
  • Dukungan hardware dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada linux.
  • Proses instalasinya tidak semudah windows.
  • Aplikasi di linux belum seampuh aplikasi windows.
  • Bagi administrator sistem yang belum terbiasa dengan Unix-like, maka mau gak mau harus belajar dulu.
  • Struktur direktori dan hak akses yang membingungkan bagi user yang terbiasa menggunakan windows.
  1. PENGEMBANGAN LINUX
Nama "Linux" berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanyaumumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 olehRichard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatifGNU/Linux.

Linux telah lama dikenal untuk penggunaannya di server, dan didukung oleh perusahaan-perusahaan komputer ternama seperti IntelDellHewlett-PackardIBMNovellOracle CorporationRed Hat, dan Sun Microsystems. Linux digunakan sebagai sistem operasi di berbagai macam jenis perangkat keraskomputer, termasuk komputer desktopsuperkomputer, dan sistem benamseperti pembaca buku elektronik, sistem permainan video (PlayStation 2,PlayStation 3 dan XBox), telepon genggam dan router.

Para pengamat teknologi informatika beranggapan kesuksesan Linux dikarenakan Linux tidak bergantung kepada vendor (vendor independence), biaya operasional yang rendah, dan kompatibilitas yang tinggi dibandingkan versi UNIX tak bebas, serta faktor keamanan dan kestabilannya yang tinggi dibandingkan dengan sistem operasi lainnya seperti Microsoft Windows. Ciri-ciri ini juga menjadi bukti atas keunggulan model pengembangan perangkat lunak sumber terbuka (opensource software).

Sistem operasi Linux yang dikenal dengan istilah distribusi Linux (Linux distribution) atau distro Linux umumnya sudah termasuk perangkat-perangkat lunak pendukung seperti server webbahasa pemrogramanbasisdatatampilan desktop (desktop environment) seperti GNOME,KDE dan Xfce juga memilikipaket aplikasi perkantoran (office suite) seperti OpenOffice.orgKOffice,Abiword,


  1. MACAM-MACAM DISTRO LINUX

  1. Xandros
    Xandros Linux adalah sebuah distro Linux yang berdasarkan pada sistim KDE.Tampilannya sangat mirip dengan Microsoft Windows, jadi apabila dioperasikan sangat mudah dan nyaman.
  1. Ubuntu.
    Ubuntu adalah salah satu distribusi Linux yang berbasiskan pada Debian.
    Proyek Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd (perusahaan milik Mark Shuttleworth). Nama Ubuntu diambil dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan. “Ubuntu” berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti “rasa perikemanusian terhadap sesama manusia”.
  1. CentOS
Adalah sistem operasi bebas yang didasarkan pada Red Hat Enterprise Linux (RHEL). CentOS singkatan dari Community ENTerprise Operating System (Sistem Operasi Perusahaan buatan Komunitas/Masyarakat).
  1. Debian
    Debian adalah sistem operasi berbasis kernel Linux. Debian adalah ‘kernel independent’, yaitu sistem operasi Debian dikembangkan murni tanpa mendasarkan pada sistem operasi yang telah ada.
  1. Fedora (sebelumnya bernama Fedora Core, terkadang disebut juga dengan Fedora Linux) adalah sebuah distro Linux berbasis RPM dan yum yang dikembangkan oleh Fedora Project yang didukung oleh komunitas pemrogram serta disponsori oleh Red Hat. Nama Fedora berasal dari karakter fedora yang digunakan di logo Red Hat.
  1. Knoppix
    Knoppix adalah distro Linux live-cd yang dapat dijalankan melalui CD-ROM tanpa instalasi di hard disk. Distro ini berbasis Debian Linux dan diciptakan oleh Klaus Knopper.
  1. Gentoo Linux adalah suatu distribusi Linux yang memakai paket sistem manajemen Portage. [Bandingkan dengan: Debian yang menggunakan paket .deb, RedHat / Mandrake yang menggunakan paket .rpm. Manajemen paket ini dirancang untuk modular (mudah ditambah-tambah), portabel (dapat di port ke distro lain), mudah ditata, fleksibel, dan dioptimalkan untuk masing-masing komputer pengguna.
  1. Slackware
    Slackware merupakan sistem operasi yang dibuat oleh Patrick Volkerding dari Slackware Linux, Inc. Slackware merupakan salah satu distro awal, dan merupakan yang tertua yang masih dikelola. Tujuan utama Slackware adalah stabilitas dan kemudahan desain, serta menjadi distribusi Linux yang paling mirip Unix.
  1. Mandriva Linux
    Mandriva Linux (dahulu dikenal dengan nama Mandrakelinux atau Mandrake Linux) adalah sistem operasi yang dibuat oleh Mandriva (dahulu dikenal dengan nama Mandrakesoft).
    Mandriva Linux menggunakan RPM Package Manager.
  1. OpenSUSE
    SUSE sebelumnya bernama SUSE Linux dan SuSE Linux Professional adalah salah satu distro Linux dari perusahaan Novell, atau lebih tepat dari anak perusahaannya Suse Linux GmbH (Software- und System-Entwicklungsgesellschaft mbH, Nürnberg yang berarti pengembangan -perangkat lunak dan -sistem).
  1. Freespire
    Freespire adalah versi gratis dari distro Linspire (a.k.a Lindows), kemudian mungkin dikarenakan permasalahan nama, berubah menjadi Linspire.
  1. Linux Mint
    Linux Mint adalah sistem operasi berbasis Linux untuk PC. Inti dari LinuxMint adalah Ubuntu, sehingga aplikasi yang dapat berjalan di Ubuntu, juga bisa berjalan pada LinuxMint.
  1. PCLinuxOS
    PCLinuxOS, sering disingkat sebagai PCLOS, adalah sebuah sistem operasi desktop. Ini adalah sebuah sistem operasi bebas untuk komputer pribadi yang bertujuan untuk memudahkan penggunaan.
  1. Damn Small Linux
    Damn Small Linux (DSL) adalah salah satu distro/varian linux mini. Disebut mini karena paket DSL cuma 50MB besarnya. DSL juga memungkinkan untuk diinstall di USB 128MB.
  1. Kuliax
    Kuliax adalah sebuah distribusi Linux LiveCD yang dikembangkan oleh Kuliax Project untuk pendidikan di universitas. Distribusi ini berbasis Debian GNU/Linux dan Knoppix, serta telah dioptimasi ke arah penggunaan desktop Linux.
  1. Redhat
    Distribusi yang paling populer, minimal di Indonesia, redhat merupakan distribusi pertama yang instalasi dan pengoperasiannya mudah.

Dan masih banyak lagi distro-distro lainnya ..

92 komentar:

  1. saya siswa yg sedang PKL di ITB BANDUNG.
    artikelnya bagus,thx

    BalasHapus
  2. kelebihan kekurangnya ada gak om??

    BalasHapus
  3. thanks y ka .., artikelnya bagus ..,
    good luck

    BalasHapus
  4. terimakasih infonya kurang banyak tapi :D

    BalasHapus
  5. teman - teman kesulitan untuk belajar komputer karena kesibukan? kini kami memfasilitasi kursus komputer jarak jauh via online, silahkan kunjungi website kami di asianbrilliant.com, ilmu komputer, AutoCad 2 Dimensi, master Animator, After Effect

    BalasHapus
  6. saya siswa SMK jurusan TEKNIKKOMPUTER JARINGAN,maksih gan bwat info nya,ngebantu bingitz

    BalasHapus
  7. izin minta artikelnya ya gan siapa tau berguna bagi ane, thx !

    BalasHapus
  8. terimakasih banyak dan jangan lupa followbacknya ya gan,,,,,,

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. makasih buat penjelasannya kak, ini sangat bermanfaat buat saya :)

    BalasHapus
  11. Trimakasih sudah berbagi ilmu tentang linux server | salam kenal dan sukses selalu

    BalasHapus
  12. lagi nyari tau tentang os os yang ada nih, makasih gan udah bikin artikel tentang linux

    BalasHapus
  13. nice artikel (y) terima kasih ilmu nya

    BalasHapus
  14. trimakasih artikelnya sangat berguna dan menambah wawasan

    BalasHapus
  15. terima kasih ka artikelnya :) izin copy ya ;)

    BalasHapus
  16. materinya sangat membantu terima kasihh gan....

    BalasHapus
  17. terima kasih atas infonya ya mas semoga jadi amal jariyah yang tidak putus 2.
    silahkan kesini ya mbak tante om mas di sini banyak ilmu juga kok.
    http://kemanadicari.blogspot.co.id/search/label/ilmu%20komputer

    BalasHapus
  18. Terimakasih atas infonya sangat bermanfaat :) kunjungi juga web saya :

    http://salmantkj48.blogspot.co.id/2016/11/pengertian-sistem-operasi-os-dan.html

    BalasHapus
  19. Artikelnya good banget,ngebantu buat tugas PTI

    BalasHapus
  20. hai yang pengen lebih banyak ilmu tentang linux server , yuk gabung aja di Univeristas Gunadarma , more info http://lepkom.gunadarma.ac.id

    BalasHapus
  21. terimakasih atas informasinya. saya ingin merekomendasikan mengenai komunitas linux yang dapat membantu dalam proses belajar,untuk tukar info. link terkait yang dapat dikunjungi http://linux.blog.gunadarma.ac.id/

    BalasHapus
  22. gokillll
    keren keren, makasih pak muhammad barkah

    BalasHapus
  23. Wah saya juga pengguna ubuntu, dan benar adanya klo linux lebih ringan serta loading internet pun lebih ringan di bandingkan windows.
    Terima kasih atas informasi sejarahnya..
    Numpang nitip backlink ya gan
    http://socobet.com
    http://youbet88.org
    http://ribet88.net

    BalasHapus
  24. Wah saya juga pengguna ubuntu, dan benar adanya klo linux lebih ringan serta loading internet pun lebih ringan di bandingkan windows.

    Terima kasih atas informasi sejarahnya..

    Numpang nitip backlink ya gan

    socobet.com

    youbet88.org

    ribet88.net

    BalasHapus
  25. Izin ngutip ya kak, dicantumin sumbernya kok, mkshh :)

    BalasHapus
  26. sangat bermanfaat sekali artikel ini.

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. Baru kali ini baca tentang Linux bner2 jadi lebih tau apa itu linux karena emang ga pernah makeknya juga
    makasih banyak ya

    My blog

    BalasHapus
  29. bermanfaat ilmu nya.

    http://blog.binadarma.ac.id/novrihadinata

    BalasHapus
  30. sangat bermanfaat sekali artikel ini
    My blog

    BalasHapus
  31. kunjungi blog saya andieblogger1234.blogspot.com mengenai materi komputer dan jaringan

    BalasHapus
  32. Thanks infonya gan,sangat bermanfaat

    BalasHapus
  33. thanks infonya... acceptechno.blogspot.com blog tentang teknologi terkini, karya anak2 bangsa

    BalasHapus
  34. Dive deep into your partner’s likes and dislikes visit here. Ask him about his new habits and interests. When you discover new things about your partner,Trauring-efes it will give you a detailed insight into your partner’s personality and then, you will have a better idea about the strong points of your partner.

    BalasHapus
  35. terima kasi banyak ya min. artikel ini sangat berguna dan berfungsi bagi orang orang yang belum mengerti seperti saya , teruslah berkarya ya min ^^ semoga anda sukses dan sehat selalu ya min
    jangan lupa juga kunjungi website saya di :
    bandarq terpercaya

    terima kasih salam hormat

    BalasHapus
  36. informasi yang sangat mendidik dan sangat membantu, apalagi klo soal linux. Soalnya banyak sekali orang yg mengeluh masalah windows OS mereka, jadi mungkin artikel ini sangat membantu untuk mengatasi keluhan mereka >3

    BalasHapus
  37. Mantab gan artikel nya , banyak ilmu yang bisa saya dapat hehe
    About Me

    BalasHapus
  38. I Like Your Artcile. This Article is Amazing and Easy Tp Understand
    Click Here
    Click Here
    Click Here
    Click For More

    BalasHapus
  39. Bosan di rumahaja? Gabung sekarang dan menangkan jutaan rupiahnya Bersama kami :)
    Pelayanan CS Fast Respon 24 Jam Non-Stop, Hubungi customer service kami :
    WA : +85516326756
    IG : @ligautama_win

    BalasHapus
  40. Hai,, Kami dari Roket4D..
    Pembahasan ini sangat baik sekali,,
    Semoga ini berguna bagi kita semua
    dan jangan lupa kunjungi juga situs
    kami
    Roket4D

    BalasHapus
  41. I certainly thank you for writing this article well, hopefully it will become a reference in journals or other scientific writings and can help many people. thanks.
    Of course, from the writing you write, there are things that still need to be explained in detail in order to be able to provide enlightenment and become a reference source for all who read.
    divessar
    coesca
    muldicas
    UMA
    LPM
    UMA Peringkat 1 PTS Terbaik di SUMUT Versi Webometrics

    BalasHapus
  42. Thanks for sharing this blog, this blog is more useful to me.
    Social Media Marketing In India

    BalasHapus
  43. I am thankful for this Content to give me much awareness regarding my area of work. I also want to make some increase to this platform which must be in the knowledge of people who are really in need. Thank you so much for sharing with us. It was very informative blog

    BalasHapus
  44. This is a great inspiring article. I am pretty pleased with your good work
    Best Web Development Company In Varanasi
    https://arjantech.in/

    BalasHapus
  45. Oh it's great, it's very useful for everyone and through your article I would like to introduce to everyone
    sphynx for sale, sphynx kittens for sale

    BalasHapus
  46. 5 legal online pharmacies that sells pain medication without asking for prescription…
    Buy dilaudid online
    Buying dilaudid online
    How to buy pain medications over the internet without having a prescription.
    Dilaudid for sale
    Buy dilaudid 8mg

    BalasHapus

  47. Totally loved your article. Looking forward to see more more from you. sphynx cat for sale Meanwhile feel free to surf through my website while i give your blog a read. chihuahua puppies for sale near me Are you also lokking to adopt chihuahua puppies sphynx kitten for sale, teacup chihuahua for sale

    BalasHapus



  48. Do you seek for a better life with lots of Money, Fame, Power, Protection, Success and many more?
    check our official website for more information
    https://illuminatiwe.com/

    BalasHapus
  49. Wah terima kasih atas informasi website sehingga kami memahami mengenai os linux

    Kami juga membahas ini di website kami, Monggo juga mampir sebagai info untuk beberapa informasi tentang akses partisi di linux di windows
    https://bangamingadget.com/akses-partisi-linux-di-windows/

    terima kasih

    BalasHapus
  50. https://trippystore.org/
    https://trippystore.org/product-category/magic-mushroom/
    https://trippystore.org/product-category/dmt/
    https://trippystore.org/product-category/buy-lsd-online/
    https://trippystore.org/product-category/concentrates/
    https://trippystore.org/product-category/buy-iboga-online/
    https://trippystore.org/product-category/ketamine-drug-for-sale/
    https://trippystore.org/product-category/buy-shroom-edibles-online/
    https://trippystore.org/product-category/buy-mdma-online/
    https://trippystore.org/product-category/buy-ayahuasca-online/
    https://trippystore.org/product-category/buy-mescaline-online/
    https://trippystore.org/product-category/buy-kratom-drug-online/

    BalasHapus